Sabtu, 04 Januari 2014

Review Super Saiyan Son Gokou - SHFiguarts



Siapa tak kenal Son Gokou? Pendekar legendaris dari Planet Saiya yang terdampar di bumi yang kehidupannya dari sejak dilahirkan hingga meninggal (tapi hidup lagi, hehe) diceritakan dalam kisah Dragonballz. Dragonballz merupakan kisah karangan Akira Toriyama yang masuk ke Indonesia melalui manga/komik pada sekitar akhir tahun 80-an, kemudian semakin booming setelah anime-nya diputar di salah satu stasiun tv swasta sekitar tahun 90-an. Kisah yang sangat menarik, menggambarkan dengan detail karakter-karakter dan konflik para tokohnya, dengan teknik gambar khas manga/anime yang sering memadukan gambar serius dengan karikatur yang lucu membuat Dragonballz menjadi salah satu anime terbaik menurut saya.

Ga salah, saat berselancar di internet dan melihat ada figure Super Saiyan Son Gokou yang dikeluarkan SHFiguarts sebagai tokoh utama dari kisah Dragonballz, hasrat untuk memilikinya pun ga terbendung. Akhirnya pada acara Toys Fair 4 Oktober 2013 lalu di Bandung, figure inipun menjadi salah satu koleksi action figure saya. O ya, Super Saiyan merupakan perubahan wujud dari keturunan Saiya di mana dengan perubahan tersebut kekuatannya akan jauh meningkat untuk menghadapi musuh yang hebat dan tidak terkalahkan dengan wujud biasa. Figure ini merupakan figure Son Gokou dalam wujud Super Saiyan pertama. 

Nah, buat penggemar Dragonballz, saya akan meracunin kalian dengan memberikan review figure ini hehehe.

1. Kemasan 
Kemasan figure ini standar banget, berbahan kardus tipis berdimensi kotak ukuran kecil sekitar 18x15x5 cm dengan lapisan mika di depannya sehingga kita bisa melihat figure dan sebagian part-nya. Bagian belakang ada beberapa foto pose figure dan banyak tulisan kanji (ga ngerti deh artinya apa). Meski standar, sebenarnya saya paling suka kemasan seperti ini, karena bukanya gampang, tidak merusak kemasan (bisa dipakai lagi kalau mau dijual), dan gampang disimpan karena bentuknya yang kotak dan kecil. Buat apa kemasan bagus-bagus, toh kita perlu figure-nya?

Kemasan Figure
 
2. Part/Bagian Tubuh 
Figure ini memiliki beberapa part tubuh yang dapat diganti-ganti yaitu 1 part wajah dengan ekspresi teriak dan 1 part dengan ekspresi diam/serius. Yang saya sesalkan kenapa tidak ada ekspresi konyol khas Gokou ya? Untuk tangan terdapat 7 part yaitu sepasang untuk pose legendaris kamehameha, sepasang tangan mengepal/tinju, sepasang terbuka lebar untuk pose jurus semburan matahari/solar flare/Taiyoken, tangan ini juga bisa untuk pose jurus bola energi/spirit bomb/genkidama, serta part untuk jurus pindah sekejap/instant transmission/Shunkan Idou. Sebagian part tangan tidak terlihat dari luar kemasan sehingga saat kemasan dibuka, tambahan part tersebut menjadi surprise tersendiri. Sebenarnya saya tidak begitu suka dengan model banyak part seperti ini, soalnya kecil-kecil, takut hilang. Kapan ya produsen figure bisa bikin part wajah dan tangan yang bisa  diposekan dalam berbagai bentuk dengan sempurna (ga hanya buka tutup jari).

3. Persendian
Figure Gokou ini memiliki banyak sekali persendian, untuk kepala dan kepalan tangan berupa ball joint yang dapat berputar segala arah dengan fleksibel. Hanya untuk persendian seperti ini harus pelan-pelan digerakannya agar tidak lepas (apalagi kepalanya, gampang banget lepas). Leher juga memiliki sendi engsel dan dapat ditundukan sedikit (banget). Siku tangan dan kaki double engsel sehingga bisa ditekuk maksimal hampir bersentuhan. Lengan bagian atas dapat diputar, disambung engsel bahu yang ada tuas sehingga bisa menekuk sampai depan, sementara engsel bahu tersebut bisa ditutup oleh lengan baju yang fleksibel juga. Pinggang dan paha atas juga sepertinya berupa ball joint dan ditutup oleh sabuk dan celana sehingga tidak terlihat perpotongannya. Telapak kaki/sepatu dapat diputar dan ujung telapak dapat ditekuk. Total-total mungkin ada sekitar 21 titik persendian di figure ini.

4. Bentuk/Rupa
Wajah dan tubuh dari figure ini dibentuk sangat mirip dengan aslinya (di manga dan anime). Ekspresi wajah lengkap dengan kerut-kerut dahi dan kantung mata, bahkan garis-garis telingapun terlihat sangat nyata. Telapak tangan juga dibuat cukup detail lengkap dengan kuku, buku-buku jari, dan garis tangan. Rambut dibuat keemasan dengan gelombang yang natural, otot-otot terlihat kokoh, dan yang paling keren adalah baju dan celananya dengan kerutan-kerutan seperti kain asli. Pewarnaan juga sangat bagus sesuai di anime, dengan shading di beberapa tempat seperti di lekukan otot menjadikannya semakin terlihat nyata.

5. Pose/Gaya
Ini yang paling saya suka dari keluaran SHFiguarts, pose-nya ajib banget, sepertinya segala macam pose Gokou yang ada dalam anime bisa dilakukan figure ini. Mulai dari pose berdiri tegap, mengeluarkan jurus kamehameha, menendang, jongkok, loncat, apa yang kalian mau dah, dapat dilakukan dengan sangat mirip aslinya, apalagi didukung dengan persendian yang cukup banyak dan part tangan yang dapat diganti-ganti. Untuk bagian ini, biar gambar saja yang berbicara.

Pose Wajib Son Gokou: Kamehameha-Instant Transmission-Solar Flare
  .        
6. Harga
Sebenarnya kalau mahal-murahnya harga sangat relatif dan masing-masing seller bisa memberikan harga yang berbeda. Namun untuk mudahnya mungkin saya coba kelompokan harga menjadi sebagai berikut harga Rp 0 (gratis/nemu) sd Rp 250 rb kategori murah, Rp 250 rb sd Rp 500 rb kategori sedang, Rp 500 rb sd Rp 1 jt kategori agak mahal, Rp 1 jt ke atas kategori mahal. Kategori ini akan saya coba pakai konsisten apabila ada review figure lainnya. Nah untuk figure ini harganya masuk kategori sedang. Yah dengan kerapihan, ketelitian, keindahan dan kemampuannya bergaya seperti review saya di atas, harga tersebut sangat cocok menurut saya.

Bagaimana, apakah coretan saya kali ini bisa membuat anda kembali bernostalgia dengan sang legenda Son Gokou? Segera cari dan miliki figure-nya, hehehe.

Additional Pose Son Gokou

Tidak ada komentar:

Posting Komentar